Belajar Membuat Warna-Warin Persegi Mengunakan OpenGl Dalam Dev C++

2
Diposting oleh Label: di

Saya akan berbagi ilmu sedikit, ini sangat mudah dimana saya membuat program yang manghasilkan 2D dengan mengunkan OpenGl pada Dev C++.Jika belum paham  silakan ikuti Tutorial Instalasi OpenGL di Dev C++.

Bila  Dev C++ belum terinstal OpenGl silahkan Tutorial Instalasi OpenGL di Dev C++. sudah terinstal OpenGL silakan mencoba tutorial berikut.
  1. Pertama Jalankan Dev C++ yang sudah terinstall OpenGl. Lalu Klik File => New => Project.
  2. Berikan nama project untuk project anda. lalu pilih Empty Project setelah itu Save project Anda,
  3. Klik Kanan pada project selanjutnya  pilih New File.
  4. Sebelum membuat programnya. terlebih dahulu setting Dev C++ dengan klik menu Project => Project Options (Alt+P).
  5. Pilih ke- Klik Tab Parameter dan masukkan kode berikut ini supaya  proses compile dapat berjalan lancar. ( -lglut32 -lglu32 -lopengl32 -lwinmm -lgdi32 ).
  6. Selanjutnya copy scrip dibawah ini: 

    #include <stdio.h>
    #include <stdlib.h>
    #include <gl/glut.h>
    
    using namespace std;
    
    void tampil(){
         glClearColor (1.0,1.0,1.0,1.0); //warna dasar putih
         glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
         
         glColor3f (1.0, 1.0, 0.0);//warna kuning
         
         glBegin(GL_POLYGON); //persegi kuning
         glVertex2f(0,0.5);
         glVertex2f(0.5,0);
         glVertex2f(0,-0.5);
         glVertex2f(-0.5,0);
         glEnd ();
         
         glColor3f (0.0, 0.0, 1.0); //warna biru
         
         glBegin(GL_POLYGON); // persegi biru
         glVertex2f(-0.5,1);
         glVertex2f(-1,0.5);
         glVertex2f(-0.5,0);
         glVertex2f(0,0.5);
         glEnd ();
         
         glColor3f (1.0, 0.0, 0.0); //warna merah
         
         glBegin(GL_POLYGON); //persegi merah
         glVertex2f(0.5,1);
         glVertex2f(0,0.5);
         glVertex2f(0.5,0);
         glVertex2f(1,0.5);
         glEnd ();
         
         glColor3f (0.0, 1.0, 0.0); //warna hijau
         
         glBegin(GL_POLYGON); //persegi hijau
         glVertex2f(-0.5,0);
         glVertex2f(-1,-0.5);
         glVertex2f(-0.5,-1);
         glVertex2f(0,-0.5);
         glEnd ();
         
         glColor3f (1.0, 0.0, 1.0); //warna ungu
         
         glBegin(GL_POLYGON); //persegi ungu
         glVertex2f(0.5,0);
         glVertex2f(0,-0.5);
         glVertex2f(0.5,-1);
         glVertex2f(1,-0.5);
         glEnd ();
         
         glFlush();
         }
    
    int main(int argc, char *argv[])
    {
    
        printf("Saat ini sedang ditampilkan Kotak Berwarna by Andi Sholihin (09.04.111.00011)");
        glutCreateWindow("Kotak Berwarna by Andi Sholihin");
        glutDisplayFunc(tampil);
        glutMainLoop();
    
        system("PAUSE");
        return EXIT_SUCCESS;
    }

  7. Save dulu data tersebut.
  8. Setelah itu,agar dapat melihat hasilnya gunakan menu compile dengan cara klik Menu Execute => Compile and Run.

2 komentar:

Back to Top